PARADIGMA BARU PRAYA PPGT

29/07/2011 07:05

Setelah melalui pembahasan yang cukup lama maka draft konsep Praya IX yang PP.PPGT publikasikan sejak bulan Februari 2011 kini sudah dalam bentuk dokumen final. Finalisasi dilakukan melalui Rapat Pleno Lengkap PP.PPGT dengan mempertimbangkan semua masukan-masukan, baik melalui komentar di website ini, di Facebook Group PPGT-KADER SIAP UTUS, melalui mail group maupun melalui masukan-masukan yang langsung diterima PP.PPGT saat pertemuan dengan beberapa klasis. Secara umum Paradigma Baru Praya PPGT dirumuskan dalam tiga tagline 3FC yaitu Faith Celebration-Fellowship Communion-Fiesta Creativity, dimana ketiganya akan tercermin dalam tiga agenda praya yaitu Agenda Utama, Agenda Pendukung dan agenda Penunjang.

 

Faith Celebration (Perayaan Iman)

Praya sebagai pesta iman dimana PPGT melakukan ibadah yang utuh, dimana seluruh rangkaian kegiatan praya adalah ibadah. Kehadiran, persahabatan, berlatih membuang sampah dengan benar, penanaman pohon, perlombaan, pentas kreatif, seminar dan dikusi serta dan sejumlah kegiatan yang dilaksanakan selama praya adalah ibadah. Faith Celebration adalah spirit bagi PPGT untuk mengekspresikan iman dalam totalitas kehidupan, dimana iman betul-betul dirayakan dalam kebulatan tekad dan komitmen, dalam semua acara dan kegiatan, bahkan dalam keseluruhan waktu. Faith celebration adalah spiritual worship, dimana PPGT melakukan refleksi dan kontemplasi untuk menyembah Tuhan sebagai Kepala Persekutuan, menempatkan Tuhan diatas seluruh perayaan hidup serta mengasah spiritualitas menuju Spiritualitas yang utuh. PPGT yang memiliki spiritualitas yang utuh akan mewujud dalam pengejawantahan kasih kepada Tuhan dan kasih kepada sesama manusia, termasuk di dalamnya kasih sayang kepada alam ciptaan Tuhan. Faith Celebration juga akan mewujud dalam bentuk dan aksi pelayanan nyata PPGT kepada masyarakat yang membutuhkan, melalui pelayan kasih dan pelayanan sosial yang menjadi agenda utama Praya. Faith Celebration juga akan mewujud dalam komitmen PPGT untuk memelihara dan merawat lingkungan. Save our planet menjadi salah satu wujud nyata dari iman yang dirayakan itu. Kuncinya, iman yang dirayakan adalah iman yang membawa dampak transformasi bagi diri, organisasi, sesama dan lingkungan.

 

Fellowship Communion (Komuni Persaudaraan)

Praya adalah pertemanan, persahabatan dan persaudaraan. Praya adalah anugerah Tuhan dimana PPGT mendapat kesempatan untuk melakukan pertemanan, membina persahabatan dan mewujudkan komunitas pemuda yang merekatkan persaudaraan serta memperkuat persekutuan. Sejauh ini PPGT telah hadir dan menyebar di seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Fellowship Communion adalah pertemuan dan interaksi warga PPGT dari berbagai latarbelakang geografi, profesi, keminatan dan budaya. Selama ini Praya mendapat kritikan seolah-olah hanya sekedar ajang unjuk kebolehan, kejuaraan, dan prestise. Fellowship Communion adalah komitmen bersama untuk mempersembahkan segala macam bakat dan talenta yang dimiliki untuk memperkuat persekutuan, bukan sebaliknya. Fellowship communion adalah pernyataan kebulatan tekad untuk menempatkan nilai-nilai kekeluargaan dan persaudaraan dalam seluruh perhelatan kegiatan praya.

 

Fiesta Creativity (Pentas Kreasi)

Praya adalah pentas kreasi dimana seluruh potensi PPGT dapat diekspresikan secara bebas untuk membangun persekutuan. Sebagai komunitas orang muda, PPGT memiliki bakat dan keterampilan yang dapat dipentaskan sebagai hiburan dan pelayanan bagi sesame. Fiesta Creativity adalah momentum stategis untuk berbagi ide, gagasan, dan pemikiran untuk membangun gereja, masyarakat dan alam semesta sebagaimana dicita-citakan dalam tujuan PPGT. PPGT hari ini berada di daerah yang sangat terpencil sampai ke wilayah yang megapolitan, maka Fiesta Creatifity adalah kesempatan untuk berbagi ilmu, pengetahuan dan pengalaman dari segenap anggota PPGT dari berbagai wilayah. Orang muda adalah orang-orang kreatif, maka Praya sebagai Fiesta Creativity akan menjadi pasar ide dan inspirasi dimana kita dapat menikmati gelaran ide kreatif serta pertunjukan dari tangan-tangan kreatif yang memungkinkan peserta pulang dengan segudang inspirasi untuk membangun persekutuan.

 

AGENDA PRAYA

1.  Agenda Utama

Agenda utama dilaksanakan dalam bentuk “Spiritual Worship” dan aksi “Save Our Planet”. Spiritual Worship akan dilaksanakan dalam bentuk-bentuk ibadah kreatif pada setiap pagi dan malam hari. Sedangkan Aksi Save Our Planet dilaksanakan dalam bentuk penghijauan, penataan taman kota dan perwujudan lokasi praya bebas sampah. Dalam agenda utama ini, seluruh kegiatan Praya dari awal sampai akhir dimaknai sebagai Ibadah. Termasuk dalam agenda ini adalah:

a. Ibadah

b. Penanaman Hutan Praya

c. Aksi Keindahan Kota, berupa Pemasangan Tempat Sampah dan Pot Bunga oleh masing-masing Kontingen

d. Praya bebas sampah

e. Praya tanpa sterofoam (alternatif : daun pisang-bane')

f. Praya tanpa air kemasan gelas (alternatif : suke, galon, jergen)

g. Kompetisi Daur Ulang Sampah

h. Bakti Sosial

i. Tengko Situru'

j. Lomba antar Sekretariat PPGT Jemaat/Klasis

k. Lomba Data Base PPGT

2.  Agenda Pendukung

Agenda pendukung dilaksanakan dalam bentuk kreasi sejumlah perlombaan untuk mendinamisir suasana praya. Termasuk dalam agenda ini adalah

a. Lomba Seni

b. Lomba Seni Kreasi

c. Lomba Olah raga

 

3.  Agenda Penunjang

Agenda penunjang dilaksanakan dalam bentuk pasar ide dan inspirasi, dimana terjadi interaksi dan pertukaran ide dan informasi lintas peserta praya. Termasuk dalam agenda ini adalah:

a. Kampung IT

b. Kampung Seni

c. Kampung Parlemen

d. Kampung Maju

e. Kampung Global

f. Kampung Curhat

g. Lounching Buku

h. Konsultasi Nasional

i. Deklarasi Praya

j. Orasi Politik 3 Gubernur

k. PPGT Award

 

Salah satu yang menarik dalam pelaksanaan Praya kali ini adalah Panitia membuka kehadiran kontingen non klasis, yaitu kontingen yang datang tidak mewakili klasis tertentu. Termasuk dalam hal ini adalah persekutuan pemuda di tempat-tempat di mana belum ada Gereja Toraja, seperti di Manado, Tondado, Papua, beberapa tempat di Jawa, termasuk Luar Negeri.

 

Uraian lengkap kegiatan praya untuk masing-masing Agenda Tersebut dapat didownload dalam 2 Dokumen yaitu:

Dokumen tentang TOR PRAYA IX DAN HUT PPGT. Download

Dokumen tentang PARADIGMA BARU PPGT. Download

 

 

Selamat menyongsong Praya

 

PP.PPGT

KOMENTAR, USUL & SARAN

Date: 10/10/2012

By: APPAL

Subject: Orasi Politik 3 Gubernur

berbicara masalag Sayang Linkungan(Sayang bkn Berarti yaaaa) itu tergantung dari dri qt masing2>secara logika anda merusak lingkungan berarti anda yang rugi>trs sya mau bertanya soal kehadiran 2 gubernur slain Sulsel dlm rangka apa???dluar sbgai ajang silahturahmi di Toraja da Pemerintah Sulsel????

Date: 15/10/2011

By: steven

Subject: praya

. informasi ....................waktu dan tempat pelaksanaan praya dong. biar kami jg tau

Date: 09/08/2011

By: Oktoviandy Rantelino

Subject: Orasi Politik 3 Gubernur

bisakah dijelaskan relevansi orasi politik 3 Gubernur (sebagai salah satu agenda pendukung) dalam PRAYA PPGT yg bertemakan "AIR UNTUK KEHIDUPAN"? kurre sumanga'..GBU

Date: 14/08/2011

By: Panitia Pengarah

Subject: Re: Orasi Politik 3 Gubernur

Gerakan sayang lingkungan sebagai agenda utama Praya ini membutuhkan komitmen politik dari pemerintah, khususnya para gubernur ini. Kita berharap Gubernur Sulsel memiliki program yang mendukung agenda praya ini, setidaknya untuk pemeliharaan DAS Saddang dan sungai-sungai yang lain di Sulsel. PPGT dalam hal ini akan terus mengingatkan pemerintah untuk bersinergi dengan agenda-agenda tersebut ...

New comment